Rabu, 25 April 2012

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

1. Pengenalan STARUML
STARUML adalah Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak UML tidak berdasarkan pada bahasa pemrograman tertentu. Standar spesifikasi UML dijadikan standar defacto oleh OMG (Object Management Group) pada tahun 1997. UML yang berorientasikan object mempunyai beberapa notasi standar. Spesifikasi ini menjadi populer dan standar karena sebelum adanya UML, telah ada berbagai macam spesifikasi yang berbeda. Hal ini menyulitkan komunikasi antar pengembang perangkat lunak. Untuk itu beberapa pengembang spesifikasi yang sangat berpengaruh berkumpul untuk membuat standar baru.

UML mendeskripsikan OOP (Object Oriented Programming) dengan beberapa diagram, diantaranya:
Diagram struktur yang terdiri dari Diagram kelas, Diagram obyek, Diagram komponen dan Diagram deployment
Diagram perilaku yang tediri dari Diagram use-case, Diagram urutan/sequence, Diagram kolaborasi, Diagram statechart, Diagram aktivitas
Ada banyak software-software pendukung UML diantaranya:

1. StarUML
Star UML adalah software permodelan yang mendukung UML (Unified Modeling Language).
Berdasarkan pada UML version 1.4 dan dilengkapi 11 macam diagram yang berbeda, mendukung notasi UML 2.0 dan juga mendukung pendekatan MDA (Model Driven Architecture) dengan dukungan konsep UML. StarUML dapat memaksimalkan pruduktivitas dan kualitas dari suatu software project.

2. ArgoUML
ArgoUML adalah salah satu dari sekian banyak tool pembuatan UML yang menarik dan mudah digunakan juga  ArgoUML bersifat free.

3. Umbrello
Umbrello UML Modeller adalah alat bantu penggambaran UML untuk KDE. Saat ini, Umbrello termasuk salah satu aplikasi UML terbaik untuk LINUX. Umbrello UML modeler terbagi atas tiga area utama pada interfacenya, yang dapat dipantau untuk seluruh system dan akses ke Diagram yang berbeda dengan cepat sambil mengerjakan model yang sedang dikerjakan.


4. Bouml
Bouml adalah software UML gratis yang memungkinkan Anda untuk menentukan dan menghasilkan kode di C + +, Java, IDL, Php dan Python, Bouml dapat dijalankan di Unix/Linux/Solaris, MacOS X(Power PC and Intel) dan Windows. Bouml sangat cepat dan tidak memerlukan banyak memori untuk mengelola beberapa ribu kelas.

2. Perbedaan Antara UML Dengan DFD

Perbedaan mendasar antara UML dan DFD adalah jika UML berorientasi pada objek (OOP) sementara DFD berorientasi pada prosesnya.
Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. UML tidak berdasarkan pada bahasa pemrograman tertentu. Standar spesifikasi UML dijadikan standar defacto oleh OMG (Object Management Group) pada tahun 1997.UML yang berorientasikan object mempunyai beberapa notasi standar.

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis.

Sumber :
http://silvianirumagit.blog.ugm.ac.id/
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090702130617AARJkRe

Tidak ada komentar: