Selasa, 08 Maret 2011

PERILAKU KONSUMEN

A. Pengertian Perilaku Konsumen.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas dimana kita sebagai perlaku ekonomi (dalam hal ini konsumen) melakukan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta mengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan kita (konsumen). Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian, seperti pada saat kita ingin membeli barang dengan harga murah maka proses pembelian akan berjalan dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan barang yang lebih mahal harganya yang membutuhkan biaya lebih tinggi dengan pertimbangan yang lebih matang.
B. Pengaplikasian Perilaku Konsumen.
Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal :
1. untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saatnya yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli.
2. perilaku komsumen dapat membantu pembuat keputusan, membuat kebijakan publik, misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat hari-hari besar, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut.
3. Penyebaran ide di antara konsumen, dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.

C. Pendekatan perilaku konsumen :

Perilaku konsumen dapat dipahami melalui tiga cara pendekatan, yaitu :

1. Pendekatan interpretetif adalah dengan cara mengali lebih dalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya, pendekatan ini dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus pada diskusi kelompok untuk memahami apa makan sebuah produk dan jasa bagi konsumen.
2. Pendekatan tradisional adalah pendekatan yang didasari pada teori dan metode dalam ilmu psikologi kognitif, social dan kebiasaab serta dari ilmu sosiologi, tujuannya mengembanan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan pada konsumen.
3. Sains marketing adalah pendekatan yang didasari pada teori dan metode ilmu ekonomi dan statistika, pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia.




D. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian.

Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan :

1. Pengenalan masalah, Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas pemasalahanyang dihadapinya, tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
2. Pencarian informasi, setelah memahami masalah yang ada., konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi.
3. Mengevaluasi alternative. Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasialternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
4. Keputusan pembelian. Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternative strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.
5. Evaluasi pasca pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk sesuai dengan harapan konsumen.

Tidak ada komentar: