Jumat, 30 September 2011

pengaruh bahasa terhadap perilaku manusia

Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa bunyi atau suara yang dihasilkan oleh alat ucap manusia (mulut), selain itu bahasa juga dapat dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh manusia atau yang lebih populer dikenal sebagai bahasa tubuh (body language).
Dalam kesempatan kali saya akan coba berbagi tentang dua hal, yang pertama apakah bahasa dapat mempengaruhi prilaku manusia? dan yang kedua yaitu pentingnya bahasa indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

Sekarang kita masuk dalam bahasan yang pertama , apakah bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia?
Para ahli seperti sapir dan worf mengatakan, bahwa tidak ada dua bahasa yang memiliki kesamaan untuk dipertimbangkan sebagai realitas sosial yang sama.
Sapir dan Worf menguraikan dua hipotesis mengenai keterkaitan antara bhasa dan pikiran.
1. Hipotesis pertama adalah lingusitic realitivity hypotesis yang mengatakan bahwa perbedaan struktur bahasa secara parallel dengan perbedaaan kognitif non bahasa, perbedaan bahasa menyebabkan perbedaan pikiran orang yang menggunakan bahasa tersebut.
2. Hipotesis yang kedua adalah linguistic determinism yang mengatakan bahwa struktur bahasa mempengaruhi cara individu mempresentasikan dan menalar dunia perceptual. Dengan kata lain, struktur kognisi manusia ditentukan oleh kategori dan struktur yang sudah ada dalam bahasa.

Dilihat betapa pentingnya bahasa untuk umat manusia dan begitu banyak ragam bahasa didunia ini, tentu saja bahasa dapat mempengaruhi kepribadian manusia terutama secara individu, karena bahasa yang digunakan manusia banayak sekali ragamnya. Di Negara kita saja ada sekitar 726, terdiri dari 719 bahasa lokal/daerah (masih aktif digunakan sampai sekarang), 2 bahasa sekunder tanpa penutur asli, dan 5 bahasa tanpa diketahui penuturnya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi perilaku manusia sebagai pengguna bahasa.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi bahasa dengan kepribadian seseorang, seperti :

1.Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi manusia tentu sangat mempengaruhi perilaku manusia, karena bahasa merupakan alat komunikasi yang bias dibilang sangat sensitive. Bila seseorang salah mengartikan bahasa orang lain, maka orang tersebut bisa saja menjadi tersinggung atau malah sebaliknya orang tersebut dapat menyinggung bahasa yang salah tersebut sehingga dapat mempengaruhi perilaku manusia baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

2. Begitu banyak ragam bahasa yang dimiliki negara kita ini, karena hal inilah bahasa dapat mempengaruhi pribadi seseorang, biasanya pada saat seseorang dengan suku tertentu berbicara dengan bahasa sukunya, sementara lawan bicaranya tidak mengerti dengan bahasa tersebut, hal itu bisa saja membuat orang tersebut menjadi kesal.
Untuk hal yang lebih sederhana seperti pada saat sesorang menggunakan bahasa yang halus maka biasanya orang tersebut memliki kepribadian yang lebih halus dalam artian kehalusannya terlihat dari tutur bahasanya yang halus dan mudah disukai dan diterima oleh masyarakat yang akhirnya membuat orang tersebut lebih percaya diri akan tutur bahasanya yang lembut.

3. dalam bahasa pasti ada syarat atau aturan tertentu yg sudah ditentukan sebelumnya seperti dalam bahasa indonesia terdapat SPOK (Subjek,Predikat, Objek dan keterangan), selain itu juga aturan yang juga sudah ditetapkan oleh para ahli bahasa indonesia yaitu EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) serta tanda baca.
Lalu apa hubungannya antara ketiga hal tersebut dengan pengaruhnya terhadap perilaku manusia?
Secara langsung bila seseorang bertutur kata tanpa aturan maka orang lain akan sulit menerima maksud dari perkataan orang tersebut, seperti contoh ketika seseorang berbicara tanpa tanda baca atau ejaan yang benar, maka orang tersebut akan sulit diterima masyarakat, karena tutur bahasanya yang tidak jelas. hal ini tentu memberi dampak negatif terhadap kepribadian orang tersebut menjadi lebih minder dan cemderung menghindari orang lain.

Secara umum bahasa memang suatu hal yang sangat membantu manusia dalam berinteraksi antar sesama, karena dengan bahasa kita dapat mengerti apa yang kita maupun yang orang lain inginkan, tetapi bila kita tidak dapat mengatur atau menggunakan, bahasa yang baik dan benar, justru itu malah akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain karena dapat menyinggung perasaan orang lain.

Sekarang kita masuk pada pembahasan yang kedua, yaitu tentang pentingnya bahasa indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

Seperti yang sudah saya singgung pada pembahasan pertama, bahwa dinegara kita ini memiliki begitu banyak ragam bahasa yang berbeda-beda. Maka dari itu kita perlu sebuah bahasa yang sama untuk berkomunikasi sesama masyarakat Indonesia pada umumnya, yaitu bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional merupakan usulan dari Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin mengatakan bahwa : “Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan.

Secara Sosiologis kita bisa mengatakan bahwa Bahasa Indonesia resmi di akui pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Onktober 1928. Hal ini juga sesuai dengan butir ketiga ikrar sumpah pemuda yaitu “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Namun secara Yuridis Bahasa Indonesia diakui pada tanggal 18 Agustus 1945 atau setelah Kemerdekaan Indonesia.
Bahasa Indonesia sendiri sudah banyak dirubah, hal ini demi memeudahkan penggunaan bahsa Indonesia itu sendiri dan telah sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), berikut adalah beberapa perubahan kata dan / atau huruf pada bahasa Indonesia.

tj berubah menjadi ch dan sekarang menjadi c
dj berubah menjadi j dan sekarang menjadi j
ch berubah menjadi kh dan sekarang menjadi kh
nj berubah menjadi ny dan sekarang menjadi ny
sj berubah menjadi sh dan sekarang menjadi sy
j berubah menjadi y dan sekarang menjadi y
oe* berubah menjadi u dan sekarang menjadi u


Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat menyatukan persatuan seluruh rakyat Indonesia, hal ini tentu sangat penitng untuk tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sendiri.
Ada beberapa hal yang dapa mempengaruhi betapa pentingnya bahasa Indonesia terhadap tatanan hidup masyarakat, diantaranya :

1. Menurut fungsi dan peranan bahasa. Menurut fungsi dan peranan bahasa jelas bahwa bahasa Indonesia begitu penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, karena fungsi bahasa sendiri adalah sebagai alat komunikasi antar sesama anggota masyarakat, begitupun bahasa Indonesia yang merupakan satu bahasa yang telah ditetapkan sebagai bahasa komunikasi dinegara ini.

2. Menurut ragam bahasa (variasi bahasa), pada pembahasan pertama saya sudah meyinggung tentang betapa banyaknya ragam bahasa di Indonesia, hal ini membuat bahasa Indonesia begitu penting perannya dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. karena bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa dari ratusan bahasa yang ada dinegara ini.

3. Menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) & tanda baca. Tanpa tan abaca dan EYD tentu kita akan sulit berbahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bahasa Indonesia banyak dipengaruhi dari bahasa melayu. Hal ini menjadikan EYD dan tanda baca menjadi begitu peniting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat karena dapat membantu kita bekomunikasi dan berinteraksi antar sesama masyarakat Indonesia.

Dari kedua pembahasan diatas saya mengambil kesimpulan, bahwa manusia dan bahasa sangat sulit dipisahkan, Karena bahasa begitu penting dalam kehidupan sehari-hari manusia yang dapat mempengaruhi manusia sebagai pengguna bahasa dan untuk membangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

untuk pembahasan kedua akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya.

referensi : widhiarso.staff.ugm.ac.id
id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia

Tidak ada komentar: